Sangkababa

29 Oct

Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek sudah didirikan sejak tahun 1962 dan sampai saat ini kepengurusannya mencakup wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi yang dibagi menjadi 20 wilayah koordinasi yang disebut Kordinator Wilayah (Korwil). 20 Korwil mengkordinir sebanyak 53 Rayon yang diketuai oleh masing-masing Ketua Rayon yang disebut Komisaris Rayon. Kepengurusannya terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Rayon yang menjadi pengurus harian di masing-masing kekuasaan di pusat, wilayah, dan rayon.

Pengurus Harian Pusat diketuai oleh seorang Ketua Umum yang terpilih dari salah satu ompu secara bergantian setiap periodenya (Raja Sumonggop, Janjang Barani, Ompu Nasumurung, Ompu Hapal Tua) dan setiap periode kepengurusan dijalankan selama 2 tahun. Ketua Umum dibantu oleh empat orang yang disebut Ketua-I, Ketua-II, Ketua-III, Ketua-IV. Empat orang ketua yang membantu Ketua Umum tidak dipilih berdasarkan jumlah 4 ompu, melainkan berdasarkan kesiapan, kecakapan dan kemampuan untuk mengelola sebuah organisasi marga. Disamping jabatan Ketua, maka punguan juga memiliki jabatan masing-masing Sekretaris dan Wakil Sekretaris, serta masing-masing seorang Bendahara dan Wakil Bendahara.

Koordinator Wilayah (Korwil) tidak memiliki bagan kepengurusan dan terpilih berdasarkan kesediaan dan tanggung jawab moral untuk mengkordinir beberapa rayon, sedangkan kepengurusan rayon diserahkan pembentukannya langsung oleh anggota yang bernaung di wilayah rayon masing-masing dan dapar menjadi kepengurusan yang memiliki bagan organisasi sesuai kebutuhannya.

Dulunya Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek menaungi sebuah Yayasan Bantuan Pendidikan yang pengorganisasiannya terpisah dari organisasi punguan. Sesuai perkembangannya, Yayasan Bantuan Pendidikan telah dilebur dan tidak berdiri sendiri lagi melainkan menyatu dibawah organisasi punguan.

Disamping pengorganisasian punguan diurus oleh Pengurus Harian yang terdiri dari 1 orang Ketua Umum, 4 orang Ketua (pembantu Ketua Umum), 2 orang Sekretaris dan wakilnya, dan 2 orang Bendahara dan wakilnya. Punguan memiliki sebentuk lembaga tinggi yang disebut Majelis Perwakilan Pinompar Donda Ujung (MPPDU) yang bermasa tugas 5 tahun dan memiliki kekuasaan tertinggi di punguan untuk merubah Anggaran Rumah Tangga (ART), mengangkat dan memberhentikan kepengurusan organisasi, menyelesaikan permasalahan apabila tidak terselesaikan oleh Pengurus Harian. Pengurus dari MPPDU terdiri dari 17 orang dan masing-masing adalah: 1 orang mantan Ketua Umum periode kepengurusan punguan sebelumnya dan 4 orang dituakan mewakili masing-masing ompu, 4 orang mewakili anah Hutauruk dari 4 ompu, 4 orang mewakili boru dari masing-masing 4 ompu.

Jumlah keanggotaan Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek berjumlah sekitar 1145 KK yang terdata dan terdaftar, sementara dengan yang belum terdaftar sebagai anggota diperkirakan menjadi sekitar 1400 KK pada tahun 2010.

One Response to “Sangkababa”

  1. fernando hutauruk August 3, 2012 at 4:48 am #

    Horas…

    cetakindo adalah percetakan semua yang berhubungan dengan kertas, termasuk undangan, baik adat batak maupun nasional yang dijalankan oleh fernando hutauruk.
    mohon dishare dan di informasikan.

    mauliate godang.
    Tuhan memberkati. Amin

    Cetakindo
    83 900 799 / 0813 9968 9888
    fernandohutauruk@gmail.com
    http://www.cetakundanganbatak.com

    http://cetakundanganbatak.blogspot.com/2012/04/horas.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: